Kristen Itu Penuh Pengorbanan….

Just another WordPress.com weblog

Saat-saat Indah

Terkadang ada saat-saat dalam hidup
ketika engkau merindukan seseorang
begitu dalam, hingga engkau ingin mengambilnya dari angan-anganmu,
lalu memeluknya erat-erat!
Ketika pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain terbuka;
tetapi, seringkali kita memandang terlalu lama
pada pintu yang tertutup hingga kita tidak melihat pintu yang lain,
yang telah terbuka bagi kita.
Jangan percaya penglihatan; penglihatan dapat menipu.
Jangan percaya kekayaan; kekayaan dapat sirna.
Percayalah pada dia yang dapat membuatmu tersenyum,
sebab hanya senyumlah yang dibutuhkan
untuk mengubah hari gelap menjadi terang.
Carilah dia, yang membuat hatimu tersenyum.
Angankan apa yang engkau ingin angankan;
pergilah kemana engkau ingin pergi;
jadilah seperti yang engkau kehendaki,
sebab hidup hanya satu kali dan
engkau hanya memiliki satu kesempatan
untuk melakukan segala hal yang engkau ingin lakukan.
Semoga engkau punya cukup kebahagiaan untuk membuatmu tersenyum,
cukup pencobaan untuk membuatmu kuat,
cukup penderitaan untuk tetap menjadikanmu manusiawi,
dan cukup pengharapan untuk menjadikanmu bahagia.
Mereka yang paling berbahagia tidaklah harus
memiliki yang terbaik dari segala sesuatu;
mereka hanya mengoptimalkan
segala sesuatu yang datang dalam perjalanan hidup mereka.
Masa depan yang paling gemilang akan selalu dapat
diraih dengan melupakan masa lalu yang kelabu;
engkau tidak akan dapat maju dalam hidup hingga
engkau melepaskan segala kegagalan dan sakit hatimu.
Ketika engkau dilahirkan, engkau menangis
sementara semua orang di sekelilingmu tersenyum.
Jalani hidupmu sedemikian rupa, hingga pada akhirnya
engkaulah satu-satunya yang tersenyum
sementara semua orang di sekelilingmu menangis.
Kirimkan pesan ini kepada mereka yang berarti bagimu
(aku baru saja melakukannya);
kepada mereka yang menyentuh hidupmu dengan suatu atau lain cara;
kepada mereka yang membuatmu tersenyum ketika engkau sungguh membutuhkannya;
kepada mereka yang membuatmu melihat
sisi baik dari segala hal ketika engkau jatuh;
kepada mereka yang persahabatannya engkau hargai;
kepada mereka yang begitu berarti dalam hidupmu.
Jika engkau tidak mengirimkannya, janganlah khawatir,
tak ada hal buruk yang akan menimpamu;
hanya saja engkau kehilangan satu kesempatan
untuk menyemarakkan hari seseorang dengan pesan ini!!!
Jangan hitung tahun-tahun yang lewat,
hitunglah saat-saat yang indah ….
Hidup tidak diukur dengan banyaknya napas yang kita hirup;
melainkan dengan saat-saat di mana kita menarik napas bahagia!
Iklan

22 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | | Tinggalkan komentar

Atlantis=>Indonesia????

pada pernah denger cerita ttg Atlantis khan? Itu tuh, yang katanya negeri besar yang sangat megah dan jaya. Jadul (jaman dulu) Atlantis itu menjadi pusat peradaban dunia, tepatnya puluhan ribu tahun yang lalu. Walaah, kita masih di alam arwah, belum lahir ya, kepikiran aja belum kali. Kata Plato (427 – 347 SM) puluhan ribu tahun yang lalu itu gunung berapi meletus bareng-bareng, menimbulkan gempa, es mencair, dan banjir gede. Akibatnya nih, sebagian permukaan bumi tenggelam alias hilang. Nah, salah satu yang hilang itu adalah Negeri, lebih tepatnya, Benua Atlantis. Yap, mangkanye nih kita sering denger “Atlantis yang Hilang”.

Tapi tau ga, Pren? Sekarang Benua Atlantis itu dah ketemu, maksudnya dah diketemuin. Mana? Koq ga keliatan? Ya Allah, segede gini ga keliatan? Nih, simak hasil penelitian Aryso Santos (2005). Menurut dia Benua Atlantis itu ternyata adalah bumi yang sekarang kita injak-injak, ih..kasar banget sich, maksudnya bumi yang kita menginjakkan kaki di atasnya ini. Ah, yang bener nih? Gimana caranya coba? Jadi Mas Santos ini ngebandingin 33 hal (termasuk luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani) antara kondisi fisik Benua Atlantis sama kondisi fisik Indonesia sekarang. Ternyata sama tuh. Luas wilayah Atlantis jadul terbentang dari Selatan India, terus Sabang sampe Merauke (kayak lagu aja..). Ribuan pulau di Indonesia sekarang, jadul-nya menyatu. Mungkin karena penghuninya telah lupa padaNya, bergelimang dosa dan berhura-hura, azab Allah pun turun. Dan terjadilah bencana besar itu, gunung berapi meletus bareng-bareng. Dahsyat, Maan! Sebagian daratan tenggelam dan jadi lautan. Sebagiannya lagi bakal jadi pulau-pulau kayak sekarang.

Nah, Pren. Coba renungin nih! Indonesia katanya sarang koruptor, sarang teroris, tukang bikin dosa (di mana mangkalnya ya?), terbelakang, utangnya bejibun, makannya banyak, males, ngantukan, telatan, tukang nyontek; waduh! Bener ga sich? Emang bener sich, tapi moga-moga yang ngebaca nih tulisan ga kayak gitu yak. Itu kondisi sekarang. Tapi jadul Indonesia, yang kata Mas Santos tadi adalah Atlantis, pernah menjadi pusat peradaban dunia, Cing! Berarti nih  Indonesia jadul dihuni oleh orang-orang yang hebat dan maju. So, para sesepuh kita keren-keren donk?

Jadi sekarang gimana, Pren? Bangga donk kita kalo gitu. Tapi apa cukup bangga doank? Nggak khan? So, kita kudu berubah (saatnya berubah!). Kita kudu semangat, disiplin, kerja keras, belajar yang banyak, ta’at beribadah, jauhi perbuatan dosa. Intinya kita harus menjadi mu’min yang sejati gituu.. Spiritnya donk spiriiittt! Biar kejayaan Atlantis terulang kembali di Indonesia ini. Dan yang lebih penting lagi, karena jumlah muslim terbesar dunia ada di sini, peradaban muslim Indonesia bakalan maju dan jaya.

22 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | , , , | Tinggalkan komentar

YESUS vs SANTA CLAUS


SANTA CLAUS tinggal di Kutub Utara …
YESUS ada di mana-mana.
SANTA CLAUS mengendarai kereta luncur …
YESUS datang di atas awan dan berjalan di atas air.
SANTA CLAUS datang setahun sekali …
YESUS hadir setiap saat dengan pertolongan-Nya.
SANTA CLAUS memenuhi kaus kakimu dengan kue, coklat dan permen …
YESUS memenuhi segala kebutuhanmu.
SANTA CLAUS datang lewat cerobong asap tanpa diundang …
YESUS berdiri di muka pintumu dan mengetuk, kemudian Ia masuk dalam hatimu jika engkau mengundang-Nya masuk.
Kamu harus antri untuk bertemu dengan SANTA CLAUS
YESUS hanya sejauh engkau menyebutkan nama-Nya.
SANTA CLAUS mengajakmu duduk di pangkuannya …
YESUS mengajakmu beristirahat dalam rengkuhan tangan-Nya.
SANTA CLAUS tidak tahu namamu, yang dapat dikatakannya hanyalah
”Hai anak kecil, siapa namamu?” …
YESUS mengenal nama kita sebelum kita ada. Ia bahkan tahu alamat kita juga. Ia tahu masa lalu dan masa depan kita, Ia bahkan tahu berapa jumlah rambut di kepala kita.
SANTA CLAUS punya perut yang gendut seperti tong penuh jelly …
YESUS punya hati yang penuh dengan cinta.
SANTA CLAUS menawarkan Ho.. Ho.. Ho..
YESUS menawarkan kesehatan, pertolongan dan harapan.
SANTA CLAUS berkata “Janganlah kamu menangis” …
YESUS berkata “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Ku, sebab Aku yang
memelihara kamu.”
SANTA CLAUS membuat aneka mainan …
YESUS menciptakan hidup baru, menyembuhkan hati yang luka, memperbaiki hubungan yang berantakan dan menyediakan tempat tinggal bagi kita.
SANTA CLAUS adalah “Pak Tua yang Riang Gembira”
YESUS adalah “Raja Segala Raja”.
SANTA CLAUS membuatmu tertawa terkekeh …
YESUS memberimu sukacita yang menjadi kekuatanmu.
SANTA CLAUS meletakkan hadiahnya di bawah pohon …
YESUS adalah hadiah bagi kita dan wafat di pohon salib.
Nyata sekali, tidak ada perbandingan yang sepadan.
Kita perlu ingat tentang SIAPA perayaan Natal itu sesungguhnya.
YESUS adalah alasan utama kita merayakan Natal.

22 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | , , | Tinggalkan komentar

Puasa Katolik dan Muslim

Sebelum pada salah persepsi, gue jelaskan baik-baik dulu ya.

1. gue kristen, dan bukan islam
2. tulisan ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat toleransi antar umat beragama, jadi bacalah dengan hati tenang, dan pikiran terbuka

Okey, cukup jelas kan?

Buat gue setiap bulan puasa dan lebaran semakin mendekat, gue sebetulnya seneng banget…

Di satu sisi, antrian makan siang di mana-mana jadi berkurang.. hehe, tapi di sisi lain, gue belajar BANYAK HAL BAGUS dari teman-teman yang muslim.
Gue percaya, apapun kepercayaan yang dianut masyarakat INDONESIA, masing-masing punya kebaikan yang layak untuk dipelajari. Dan di bulan puasa yang semakin mendekat ini, gue punya beberapa poin yang layak diperhatikan, kalau perlu dicoba dari teman-teman yang muslim.

1. DISIPLIN
Umat muslim sejati sudah pasti nomor satu perihal yang satu ini. Baik dari sholat 5 waktu, ketertiban dan khusyuknya saat Sholat Jumat (walau penuh sesak, tapi tetap khidmat!).
Apalagi waktu di bulan puasa, baik dari bangun pagi untuk sahur, tahan diri sepanjang hari, dan jadwal berbuka puasa di sore hari yang dilanjutkan dengan Taraweh.
Gue sendiri yg kristen sering telat kalo mau ke gereja, udah gitu masuk nya sesak2an, rebutan kursi…

2. KESEDERHANAAN
Perhatikan kawan-kawan muslim saat beribadah. Baju yang mereka kenakan itu sederhana. Bukan baju untuk gaya-gayaan, bukan untuk tampil eksis. Yang pria pakai sarung dan peci, dan yang wanita pakai mukena, menutupi seluruh tubuh dan nggak keliatan di dalam nya pakai baju merk apa kek. Ini pun salah satu karakteristik yang layak dipuji.

3. KETULUSAN
Entah dalam memberi sedekah, dalam bersyukur (sering gue denger temen bilang ALHAMDULILAH), atau sebelum memulai segala sesuatu dimulai dengan BISMILLAH.
Luar biasa, gue melihat teman-teman muslim sejati, adalah orang-orang yang hidupnya penuh dengan ketulusan! Tidak ada satupun di dunia ini yang bisa kita banggakan, mereka TULUS karena mereka sadari bahwa segala sesuatu di dunia ini ada di bawah kendali TUHAN.

Well, sejauh ini tiga point di atas yang jadi persepsi gue. Selamanya gue bakal jadi orang kristen, percaya akan keselamatan dari Yesus Kristus. Tapi selamanya juga gue akan jadi orang yang salut dan menghargai nilai-nilai ISLAM.

Jadi buat temen-temen yang non muslim, mari kita dukung saudara-saudara yang akan berpuasa selama sebulan ke depan ini. Mereka sedang menjalankan ibadah nya dengan sepenuh hati. INDONESIA tidaklah seharusnya didasarkan pada keseragaman, tapi dalam perbedaan yang saling menghormati, bangsa ini akan MAJU LUAR BIASA!!

BHINNEKA TUNGGAL IKA!

22 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | , , , , | 1 Komentar

Dari Pengikut Setan Menjadi Pengikut Tuhan

Flora adalah seorang gadis pendiam yang mendaftar di sekolah lanjutan Advent di Manado Indonesia bagian timur. Flora tidak banyak bicara dengan teman-temannya sesama siswa bahkan dengan guru-gurunya. Jadi tidak ada orang yang banyak tahu tentang dia. Mereka duga dia datang dari keluarga non-Advent, dan karena banyak siswa yang datang dari keluarga non-Advent, jadi tak ada orang terlalu banyak memikirkannya.

Flora membaur di dalam kelas-kelas dan kegiatan-kegiatan sekolah, tetapi tampaknya dia tidak bergairah mengenai agama.

Penyataan yang Mengagetkan

Setelah beberapa bulan sekolah berjalan diadakanlah Pekan Doa 10 hari. Pendeta yang memimpin Pekan Doa itu menggunakan waktu berjam-jam untuk memberi nasihat dan bimbingan rohani kepada para siswa. Pada suatu hari pendeta itu melihat nama Flora tertera di dalam daftar para siswa yang ingin menemuinya. Setelah dia tiba, dia memberikan banyak pertanyaan tentang apa yang diajarkan Alkitab dan gereja. Esoknya dia datang lagi dan memberikan pertanyaan yang lebih banyak. Kemudian pada hari Jumat dia datang lagi ke kantor, kali ini dengan penyataan yang mengejutkan, “Saya datang ke sekolah ini bukan untuk memperoleh pendidikan Kristen, ” katanya memulai. “Saya dikirim ke sini untuk membagikan kepercayaan saya kepada para siswa dan berupaya untuk mempertobatkan mereka kepada agama saya.”

Flora menyatakan bahwa dia dan keluarganya adalah anggota sebuah gereja yang menyembah Setan. Para pemimpin agamanya telah mengutus dia sebagai seorang misionaris rahasia, seorang mata-mata, untuk membawa orang-orang kepada Setan. Tetapi dia perhatikan ada suatu hal yang lain di dalam diri para siswa di sekolah ini, dan dia sadar itulah agama yang mengasingkan mereka. Jadi ganti membagikan imannya kepada para siswa dan guru itu, dia mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang dipercayai orang-orang Advent.

“Sekarang saya sadar bahwa selama dua tahun saya telah menjadi seorang tawanan gereja Setan, tetapi sekarang saya ingin mengikut Yesus,” katanya. Tetapi ketika pendeta bertanya apakah dia bersedia untuk baptisan, dia menggelengkan kepala. “Saya tidak mau dibaptiskan!” sahutnya hampir berteriak. “Dua tahun yang lalu saya diharapkan akan dibaptiskan di sebuah gereja Protestan, tetapi ketika pendeta dan saya masuk ke dalam air, seluruh tubuh kami berdua penyakitan. Ini membuat pendeta takut, dan dia tidak membaptiskan saya. Segera setelah keluar dari air penyakit itu meninggalkan kami. Saya tahu Setanlah yang melakukan ini jadi saya tidak memasuki gereja ini.

“Saya datang ke sekolah ini bukan unuk memperoleh gelar, tetapi mempengaruhi para siswa dan guru untuk memasuki gereja Setan. Tetapi upaya itu tidak berhasil. Ganti mempertobatkan mereka, malah saya yang ditobatkan. Sekarang saya percaya, dan saya ingin mengikut Yesus. Tetapi saya masih takut untuk dibaptiskan. Saya takut kepada Setan.”

Percayailah Dia

Pendeta mendorong semangat Flora. “Engkau tak perlu takut kepada Setan,” katanya. “Setanlah yang takut kepada kita.” Mereka berdoa bersama-sama. Pesan pendeta pada panggilan terakhir agar dengan iman dia tampil ke depan menyerahkan diri kepada Tuhan. Flora meninggalkan kantor pendeta dan kembali ke kelasnya. Tiba-tiba dia menjadi sakit dan memuntahkan darah. Setan coba menakut-nakutinya. Dia kembali ke kantor pendeta di mana pendeta mendoakannya dan muntahnya berhenti.

Ketika panggilan diadakan pada malam itu, beberapa siswa datang ke depan untuk berdiri bagi Kristus. Flora menangis, berdoa, dan bergumul untuk melangkahkan kakinya menuju ke podium.

Pada hari Sabat pagi semua orang di sekolah itu tahu tentang masa lalu Flora yang dikuasai Setan. Setelah acara baptisan tiba, para siswa berbaris di sepanjang tepi kolam renang. Flora ikut dengan mereka, menangis dan gemetar.

Pendeta meyakinkannya bahwa Tuhan akan menemplak Setan dan membawa kemuliaan kepada nama-Nya. Dengan gemetar Flora masuk ke air untuk dibaptiskan.

Ketika mereka keluar dari air, pendeta melihat lengannya. Tidak ada penyakit. Tetapi ketika Flora melihat lengannya, dia kaget dan berteriak, “Pendeta, apa ini?” Dia tunjukkan lengannya dan setiap orang melihat. Ada angka merah yang menyala-nyala dengan nomor 666. Segera pendeta mendoakan Flora, dan dengan iman dia janjikan kepada Flora bahwa tanda itu akan segera hilang. Kemudian pendeta melanjutkan baptisan.

Sesudah acara baptisan, para siswa berkumpul mengelilingi Flora untuk melihat tanda yang di lengannya. Tampaknya tanda itu menyakitkan, tetapi Flora katakan bahwa dia tidak merasa apa-apa. Beberapa jam kemudian tanda itu menghilang.

Pengucilan

Orangtua Flora mengetahui baptisannya. Mereka marah dan memaksanya menarik diri dari sekolah Advent. Kemudian keluarga itu pindah ke kota lain, jauh dari teman-teman Kristennya. Tetapi sebelum pergi dia berjanji kepada guru-gurunya di sekolah, “Jangan berhenti mendoakan saya. Saya akan setia kepada Tuhan. Saya percaya kepada kebenaran ini dan saya tidak mau pergi.”

Orangtua Flora tidak mengizinkannya pergi ke gereja Advent di kota itu dan pendeta Advent tidak boleh mencari tempat untuk Flora di sana. Tetapi kata-katanya terus mengiang di telinga mereka yang mengenal Flora. “Saya datang ke sekolah ini untuk mempertobatkan para guru dan siswa agar menyembah Setan. Tetapi sebaliknya saya sudah ditobatkan untuk menyembah Allah. Saya percaya Allah lebih berkuasa daripada Setan, dan saya ingin mengikut dia sepanjang hidup saya. Tolong, jangan lupa mendoakan saya.”

18 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | Tinggalkan komentar

100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen

Sumber :
A. Kenneth Curtis, J. Stephen Lang & Randy Petersen, 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen, Immanuel, 1999.

Tahun dan Peristiwa

Tahun-tahun di bawah ini merupakan beberapa yang terpenting dalam sejarah gereja.

Tahun – Peristiwa

1) 64 Roma Terbakar

2) 70 Titus Menghancurkan Yerusalem

3) ±150 Yustinus Martir Menulis Apologynya

4) ±156 Kemartiran Polikarpus

5) 177 Irenaeus Menjadi Uskup Lyons

6) ±196 Tertullianus Mulai Menulis Buku-buku Kristen

7) ±205 Origenes Mulai Menulis

8) 251 Cyprianus Menulis On the Unity of the Church

9) 270 Antonius Memulai Hidupnya sebagai Pertapa

10) 312 Pertobatan Konstantinus

11) 325 Konsili Nicea

12) 367 Surat Athanasius Mengakui Kanon Perjanjian Baru

13) 385 Uskup Ambrosius Menentang Ratu

14) 387 Pertobatan Agustinus

15) 398 Yohanes Chrysostomus Menjadi Uskup Konstantinopel

16) 405 Hieronimus Menyelesaikan Vulgata

17) 432 Patrick Berangkat sebagai Misionaris ke Irlandia

18) 451 Konsili Chalcedon

19) 529 Benedictus dari Nursia Mendirikan Ordo Biaranya

20) 563 Columba Berangkat sebagai Misionaris ke Skotlandia

21) 590 Gregorius I menjadi Paus

22) 664 Sinode Whitby

23) 716 Bonifatius Berangkat sebagai Misionaris

24) 731 Bede yang Patut Dipuja Menyelesaikan Karyanya Sejarah Gereja Bangsa Inggris

25) 732 Pertempuran Tours

26) 800 Karel Agung Dinobatkan Menjadi Kaisar

27) 863 Cyrillus dan Methodius Mengabarkan Injil kepada Orangorang Slavia

28) 909 Biara Didirikan di Cluny

29) 988 Pertobatan Vladimir, Pangeran Rusia

30) 1054 Skisma Gereja Timur dan Barat

31) 1093 Anselmus Menjadi Uskup Agung Canterbury

32) 1095 Paus Urbanus II Melancarkan Perang Salib Pertama

33) 1115 Bernardus Mendirikan Biara di Clairvaux

34) ±1150 Universitas Paris dan Universitas Oxford Didirikan

35) 1173 Peter Waldo Memulai Gerakan Kaum Waldens

36) 1206 Fransiskus dari Asisi Meninggalkan Kekayaannya

37) 1215 Konsili Lateran Keempat

38) 1273 Thomas Aquinas Menyelesaikan Karyanya Summa Theologica

39) 1321 Dante Menyelesaikan The Divine Comedy

40) 1378 Catherina dari Siena Pergi ke Roma untuk Mendamaikan Skisma Besar

41) ±1380 Wycliffe Mengawasi Penerjemahan Alkitab ke dalam Bahasa Inggris

42) 1415 Yohanes Hus Dibakar pada Tiang Pancang

43) 1456 Johann Gutenberg Membuat Alkitab Cetak yang Pertama

44) 1478 Pendirian Inkuisisi Spanyol

45) 1498 Savonarola Dieksekusi

46) 1512 Michelangelo Menyelesaikan Langit-langit Kapel Sistina

47) 1517 Martin Luther Memampangkan Sembilan Puluh Lima Dalilnya

48) 1523 Zwingli Memimpin Reformasi Swiss

49) 1525 Gerakan Anabaptis Dimulai

50) 1534 Undang-undang Supremasi Henry VIII

51) 1536 Yohanes Calvin Menerbitkan Institutio: Pengajaran Agama Kristen

52) 1540 Paus Mengakui Kaum Yesuit

53) 1545 Pembukaan Konsili Trente

54) 1549 Cranmer Menciptakan Buku Doa Umum

55) 1559 John Knox Kembali ke Skotlandia untuk Memimpin Reformasi

56) 1572 Pembantaian pada Hari Santo Bartolomeus

57) 1608-1609 John Smyth Membaptis Orang-orang Baptis Pertama

58) 1611 Penerbitan Alkitab Versi Raja James

59) 1620 Para Peziarah Menandatangani Perjanjian Mayflower

60) 1628 Comenius Diusir dari Negerinya

61) 1646 Pengakuan Iman Westminster

62) 1648 George Fox Mendirikan Society of Friends

63) 1662 Rembrandt Menyelesaikan Lukisan Kembalinya Anak Hilang

64) 1675 Philip Jacob Spener Menerbitkan Pia Desideria

65) 1678 Karya John Bunyan The Pilgrim’s Progress Diterbitkan

66) 1685 Kelahiran Johann Sebastian Bach dan George Frederic Handel

67) 1707 Penerbitan Hymns and Spritual Songs Karya Isaac Watts

68) 1727 Kebangunan Rohani di Herrnhut Mengawali Moravian Brethren

69) 1735 Kebangunan Rohani Besar di bawah Jonathan Edwards

70) 1738 Pertobatan John Wesley

71) 1780 Robert Raikes Memulai Sekolah Minggu

72) 1793 William Carey Berlayar Menuju India

73) 1807 Parlemen inggris Mengadakan Pemungutan Suara untuk Menghapuskan Perdagangan Budak

74) 1811 Para Campbell Mengawali Gerakan Disciples of Christ

75) 1812 Adoniram dan Ann Judson Berlayar Menuju India

76) 1816 Richard Allen Mendirikan Gereja Episkopal Methodis Afrika

77) 1817 Elizabeth Fry Mengawali Pelayanan bagi Narapidana Perempuan di Penjara

78) 1830 Mulainya Kebangunan Rohani Perkotaan oleh Charles G. Finney

79) ±1830 John Nelson Darby Membantu Mengawali Plymouth Brethren

80) 1833 Khotbah John Keble tentang “Murtad Nasional” Memicu Gerakan Oxford

81) 1854 Hudson Taylor Tiba di China

82) 1854 Soren Kierkegaard Menerbitkan Serangan terhadap Kekristenan

83) 1854 Charles Haddon Spurgeon Menjadi Imam di London

84) 1855 Pertobatan Dwight L. Moody

85) 1857 David Livingstone Menerbitkan Missionary Travels

86) 1865 William Booth Mendirikan Bala Keselamatan

87) 1870 Paus Pius IX Memproklamasikan Doktrin Infalibilitas Paus

88) 1886 Gerakan Relawan Mahasiswa Dimulai

89) 1906 Kebangunan Rohani Azusa Street Memunculkan Aliran Pentakostalisme

90) 1910-1915 Penerbitan Buku The Fundamentals Memunculkan Gerakan Fundamentalis

91) 1919 Tafsiran Surat Roma oleh Karl Bath Diterbitkan

92) 1921 Radio Kristen Pertama Mengudara

93) 1934 Cameron Townsend Memulai Institut Linguistik Musim Panas

94) 1945 Dietrich Bonhoeffer Dieksekusi Nazi

95) 1948 Dewan Gereja-gereja se-Dunia Terbentuk

96) 1949 Kampanye Los Angeles Billy Graham

97) 1960 Berawalnya Pembaruan Karismatik Modern

98) 1962 Konsili Vatikan II Dimulai

99) 1963 Martin Luther King, Jr., Memimpin Pawai ke Washington

100) 1966-1976 Gereja China Bertumbuh tanpa Terusik Revolusi Kebudayaan

18 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | , , , , | Tinggalkan komentar

Apa sich Kristen???

Kekristenan
Agama Kristen
Dasar
Yesus Kristus
Gereja · Teologi
Tritunggal · Injil
Dispensasionalisme
Para Rasul · Kerajaan
Sejarah Kekristenan

Alkitab:
Injil: Perjanjian Lama
Perjanjian Baru
Apokrifa: Deuterokanonika

Ajaran:
Sepuluh Perintah Allah
Kotbah di Bukit: Ucapan Berbahagia
Doa Bapa Kami
Hukum Kasih
Amanat Agung

Gereja Kristen:
Gereja Katolik
Gereja Katolik Latin
Gereja Katolik Timur
Gereja Ortodoks Timur
Gereja Ortodoks Oriental
Gereja Timur Asiria
Protestanisme

Topik-Topik Dalam Kekristenan:
Nestorianisme · Miafisitisme
Kalender
Denominasi Kristen
Maria · Klausa filioque
Gerakan agama Kristen

Ibadat Kristiani:
Misa
Liturgi Suci

Kepercayaan yang terkait:
Agama Abrahami
Gerakan Rastafari

Kotak info ini: lihat bicara sunting

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokia (Kisah Para Rasul 11:26).

Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru, umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi). Kekristenan adalah monoteisme, yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal. Tritunggal dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea Pertama (325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantin I.

Pemeluk agama Kristen mengimani bahwa Yesus Kristus atau Isa Almasih adalah Tuhan dan Juru Selamat, dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus. Dalam kepercayaan Kristen, Yesus Kristus adalah pendiri jemaat (gereja) dan kepemimpinan gereja yang abadi (Injil Matius 18: 18-19)

Umat Kristen juga percaya bahwa Yesus Kristus akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini. Sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan.

Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul 11: 26c).

Sepeninggal Yesus, kepemimpinan orang Kristen diteruskan berdasarkan penunjukan Petrus oleh Yesus. Setelah Petrus meninggal kepemimpinan dilanjutkan oleh para uskup yang dipimpin oleh uskup Roma. Pengakuan iman mereka menyebutkan kepercayaan akan Allah Tritunggal yang Mahakudus, yakni Bapa, Anak (Yesus Kristus), Roh kudus, Gereja yang satu, kudus, katolik, apostolik; pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal.

Setelah itu, Gereja Kristen mengalami dua kali perpecahan yang besar: yang pertama terjadi pada tahun 1054 antara Gereja Barat yang berpusat di Roma (Gereja Katolik Roma) dengan Gereja Timur (Gereja Ortodoks Timur) yang berpusat di Konstantinopel (sekarang Turki). Yang kedua terjadi antara Gereja Katolik dengan Gereja Protestan pada tahun 1517 ketika Martin Luther memprotes ajaran Gereja yang dianggapnya telah menyimpang dari kebenaran.

Banyak denominasi Gereja kini menyadari bahwa perpecahan itu justru menyimpang dari pesan Yesus yang mendoakan kesatuan di antara para pengikutnya (lihat Injil Yohanes 17:20-21, “Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”) Doa ini kemudian menjadi dasar dari gerakan ekumenisme yang dimulai pada awal abad ke-20.

//

Sejarah

Agama Kristen bermula dari pengajaran Yesus Kristus sebagai tokoh utama agama ini. Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina sekitar tahun 4-8 SM, pada masa kekuasaan raja Herodes. Yesus lahir dari rahim seorang wanita perawan, Maria, yang dikandung oleh Roh Kudus. Sejak usia tiga puluh tahun, selama tiga tahun Yesus berkhotbah dan berbuat mukjizat pada banyak orang, bersama keduabelas rasulnya. Yesus yang semakin populer dibenci oleh orang-orang Farisi, yang kemudian berkomplot untuk menyalibkan Yesus. Yesus wafat di salib pada usia 33 tahun dan bangkit dari kubur pada hari yang ketiga setelah kematiannya dan naik ke surga.

Setelah wafatnya Yesus Kristus, rasul-rasul mulai menyebarkan ajaran Yesus ke mana-mana, dan sebagai hasilnya, jemaat pertama Kristen, sejumlah sekitar tiga ribu orang, dibaptis. Namun, pada masa-masa awal berdirinya, agama Kristen cenderung dianggap sebagai ancaman hingga terus-menerus dikejar dan dianiaya oleh pemerintah Romawi saat itu. Banyak bapa Gereja yang menjadi korban kekejaman kekaisaran Romawi dengan menjadi martir, yaitu rela disiksa maupun dihukum mati demi mempertahankan imannya, salah satu contohnya adalah Ignatius dari Antiokia yang dihukum mati dengan dijadikan makanan singa.

Saat itu, kepercayaan yang berkembang di Romawi adalah paganisme, di mana terdapat konsep ‘balas jasa langsung’. Namun dengan gencarnya para rasul menyebarkan ajaran Kristen, perlahan agama ini mulai berkembang jumlahnya, sehingga pemerintah Romawi semakin terancam oleh keberadaan agama Kristen. Romawi pun berusaha menekan, dan bahkan melarang agama Kristen, karena umat Kristen saat itu tidak mau menyembah Kaisar, dan hal ini menyulitkan kekuasaan Romawi. Selain itu, paganisme dan ramalan-ramalan yang sejak zaman Republik sudah dipakai sebagai alat-alat propaganda dan pembenaran segala tingkah laku penguasa atau alasan kegagalan penguasa, sudah tidak efektif lagi dengan keberadaan agama Kristen. Maka, di masa-masa ini, banyak umat Kristen yang dibunuh sebagai usaha pemerintah Romawi untuk menumpas agama Kristen. Penyebar utama agama Kristen pada masa itu adalah Rasul Paulus, yang paling gencar menyebarkan ajaran Kristen ke berbagai pelosok dunia.

Pada masa inilah, datang masa-masa kegelapan (192-284), mulai dari Kaisar Commodus hingga Kaisar Diocletian. Pada masa inilah orang-orang masa itu kehilangan kepercayaan terhadap konsep balas jasa langsung yang dianut di Paganisme, sehingga agama Kristen pun semakin diminati. Hingga akhirnya pada tahun 313, Kaisar Konstantinus melegalkan agama Kristen dan bahkan minta untuk dipermandikan, dan 80 tahun setelahnya, Kaisar Theodosius melarang segala bentuk paganisme dan menetapkan agama Kristen sebagai agama negara.

Sebagai agama resmi negara Kekristenan menyebar dengan sangat cepat. Namun Gereja juga mulai terpecah-pecah dengan munculnya berbagai aliran (bidaah). Salah satu upaya untuk menekan bidaah adalah dengan diadakannya Konsili Nicea yang pertama pada tahun 325 M. Konsili Nicea mencetuskan pengakuan iman umat Kristen keseluruhan pertama kali, sebagai tanda persatuan Kristen universal yang dibedakan dari umat-umat Kristen yang bidaah. Salah satu contohnya adalah bidaah Arianisme, yang merupakan salah satu krisis bidaah terbesar saat itu yang menjadi alasan utama diadakannya Konsili Nicea yang pertama.

Ketika Kerajaan Romawi runtuh dan tercerai-berai, Gereja Kristen tetap bertahan. Pada abad ke-11 terjadilah Perang Salib, di mana kekejaman prajurit perang salib menjadi sejarah kelam Kristen yang hingga kini masih banyak disesali. Perang Salib adalah perang agama antara Kristen dan Islam. Dicetuskan pertama kali oleh Paus Urbanus II, Perang Salib I bertujuan merebut kembali kota suci Yerusalem dari kekuasaan Islam, yang merupakan tempat penting umat Kristen sebagai tujuan ziarah saat itu.

Sementara itu, bagian timur dari Kerajaan Romawi, bertahan sebagai Gereja yang disebut Yunani atau Ortodoks, yang mewartakan kabar gembira di Rusia dan memisahkan diri dari belahan barat yang berada di bawah pimpinan Gereja Roma. Pemisahan ini terjadi pada tahun 1054.

Sementara itu, pada tahun 1460 penemuan percetakan oleh Gutenberg membuat Kitab Suci terjangkau bagi semua orang. Sebelumnya, Kitab Suci dibatasi oleh Gereja kepada umat dengan tujuan untuk menekan bidaah yang merupakan salah satu krisis besar dalam tubuh Gereja saat itu. Kitab Suci hanya dibacakan di Gereja dan menjadi sumber kotbah.

Saat itu, banyak pihak-pihak tidak bertanggungjawab memanfaatkan kedudukan di dalam Gereja Barat (Katolik) sebagai sumber kekuasaan, sehingga secara tidak langsung mencoreng nama baik Gereja. Pejabat-pejabat tinggi di dalam Gereja semakin terpengaruh untuk mementingkan kepentingan duniawi sehingga semakin menyeleweng dari ajaran dasar Gereja Katolik. Banyak oknum yang menduduki posisi penting di dalam Gereja menggunakan kekuasaannya secara semena-mena sehingga merugikan banyak umat saat itu. Hal ini membuat banyak umat Kristen kecewa dan memprotes serta menuntut pembaharuan. Banyak umat yang berpikir bahwa salah satu cara mendatangkan pembaharuan di dalam Gereja ialah dengan memberikan Kitab Suci kepada semua orang.

Puncak dari penyalahgunaan ajaran Gereja diawali dengan jual beli surat indulgensia. Praktik ini sendiri sesungguhnya bertentangan dengan ajaran iman Gereja Katolik. Martin Luther, seorang rahib, memutuskan untuk melakukan pembaharuan dengan melakukan pemberontakan terhadap Gereja Katolik dan membangun gereja tandingan baru. Sedangkan Ignatius Loyola, pendiri ordo Jesuit dalam Gereja Katolik, berusaha melakukan pembaharuan dari dalam, salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan teologi Kristen yang ketat kepada para klerus, terutama dalam kepatuhan penuh pada otoritas dan ajaran Gereja, agar praktek korup dalam Gereja berkurang dan tidak menjadi-jadi. Konsili Trente merupakan konsili yang diadakan sebagai reaksi dari reformasi Martin Luther, di mana reformasi Martin Luther dianggap oleh Gereja Katolik sebagai tindakan yang memperparah kondisi kekristenan. Dalam Konsili Trente-lah ajaran iman Gereja Katolik dipertegas (termasuk kanonisasi terakhir Alkitab Katolik) demi menekan dan mengurangi berbagai macam penyalahgunaan yang sewenang-wenang dalam tubuh Gereja.

Ketika Martin Luther menerjemahkan Kitab Suci menjadi bahasa Jerman, pengikut-pengikutnya mulai memiliki pandangan yang berbeda-beda akan Kitab Suci tersebut, lalu terjadilah pertentangan penafsiran antara umat satu dengan yang lain, salah satu kasusnya adalah pertentangan antara denominasi protestan reformed-nya Zwingli dan denominasi anabaptis, reformed-nya Calvinis dengan Arminian, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat agama Kristen Protestan sekarang banyak terbagi-bagi lagi menjadi denominasi-denominasi lagi.

Cabang-cabang utama

Agama Kristen termasuk banyak tradisi agama yang bervariasi berdasarkan budaya, dan juga kepercayaan dan aliran yang jumlahnya ribuan. Selama dua milenium, Kekristenan telah berkembang menjadi tiga cabang utama:

Selain itu ada pula berbagai gerakan baru seperti Bala Keselamatan, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Mormon, Saksi-Saksi Yehuwa, serta berbagai aliran yang muncul pada akhir abad ke-19 maupun abad ke-20, dll………..

18 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | , , | 1 Komentar

Halo dunia!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

18 Agustus 2009 Posted by | Tak Berkategori | 2 Komentar